Rabu, 21 Mei 2014

TIKI-TAKANYA CAWAKO PADANG

TIKI-TAKANYA CAWAKO PADANG
Oleh Andrian Habibi

Tiki-taka (secara umum dieja tiqui-taca dalam bahasa Spanyol; pengucapan bahasa Spanyol: [ˈtiki ˈtaka] ) adalah gaya permainan sepak bola yang cirinya adalah umpan-umpan pendek dan pergerakan yang dinamis, memindahkan bola melalui beragam saluran, dan mempertahankan penguasaan bola. Strategi dan taktik dalam tim sepak bola Barcelona dan Timnas Spanyol.

Tiki-taka secara beragam digambarkan sebagai "gaya bermain yang didasarkan pada mencari jalan membuat gol ke gawang lawan melalui umpan-umpan pendek dan pergerakan," sebuah "gaya umpan pendek yang memindahkan bola secara cermat melalui berbagai saluran," dan sebuah "gaya bermain yang mementingkan umpan pendek, kesebaran, dan penguasaan di atas yang lainnya." Gaya ini meliputi pergerakan jelajah dan pergantian posisi antara para gelandang, memindahkan bola dalam pola yang rumit, serta umpan sentuhan satu-dua yang tajam.

Tiki-taka adalah gaya yang "ofensif sekaligus defensif - tim yang memainkan tiki-taka selalu menguasai bola, sehingga tidak perlu adanya pergantian antara bertahan dan menyerang. Tiki-taka dikaitkan dengan kejelian, kreativitas, dan sentuhan, namun dapat pula dianggap sebagai gaya "ekstrem yang lambat dan tak terarah" yang mengorbankan efektivitas demi keindahan.

Pelajaran yang baik dari sepak bola adalah mengaplikasikan strategi permainan ke dunia politik. Percaya atau tidak, taktik permainan bola khususnya tiki taka memberikan banyak pelajaran bagi politisi uda dalam memulai karir politik. Menentukan penguasaan isu, informasi dan data sebagai dasar program kerja politik. Umpan-umpan informasi diri calon walikota dan wakil walikota (cawako-cawawako) dan mempertahankan potensi kebaikan diri menjadi usaha harian yang bisa dilaksanakan oleh cawako kota padang.

dalam hal lain, pasangan cawako padang dapat mempergunakan pemain ke-12 (dalam sepak bola adalah penonton atau suporter). seperti tim survey atau lembaga konsultan politik. padang memiliki berbagai lembaga konsultan politik yang bertugas memudahkan pekerjaan cawako serta memberikan semangat perjuangan.

Pergerakan kampanye cawako dan cawawako padang bertujuan mengarahkan dengan perlahan pemikiran masyarakat untuk memilih dirinya tanpa paksaan pada pilkada kota padang 30 oktober 2013. oleh karena itu, Cawako dengan sabar mengulang-ulang kampanye positifnya agar tersimpan dalam alam bawah sadar calon pemilih. Hal ini akan menimbulakan hubungan emosional antara Cawako dengan calon pemilih. Kampanye juga berusaha memindahkan janji kepada harapan membaur dalam perkataan dan perbuatan Cawako.

Mencermati berbagai jaringan politik dan memahami bauran promosi partai politik (parpol) dan Tim Kampanye, kesabaran untuk selalu menjadi pendengar daripada berperan sebagai pembicara, serta penguasaan situasi di tempat sosialisasi diri. Latihan ini membutuhkan waktu lama. Bagi cawako yang sudah pernah menjadi pemenang (DPR RI atau DPD) hal ini menjadi hal yang biasa. bagi yang belum pernah terlebih maju dari jalur independen, maka patut mencari konsultan jiwa / psikolog untuk berlatih memahami kejiwaan calon pemilih juga kejiwaan diri sendiri. dengan begitu, bisa seimbang antara calon parpol dengan calon independen.

Pergerakan jelajah daerah pemilihan (dapil) secara menyeluruh, menyiasati lokasi tempat sosialisasi potensial dan pemamfaatan tim sukses yang baik. Kesemuanya melengkapi persiapan Cawako memenangkan hati calon pemilih. Kemampuan menjelajah dapil akan menjadi pertimbangan bagi parpol untuk mendukung penuh Cawako dalam proses kampanye serta sosialisasi. Selalu menyerang fikiran negative akan politik dan membentengi diri dengan pendidikan politik untuk pemilih menjadi jalan by pass Cawako.

dalam permainan sepak bola, tidak ada yang sempurna. hal ini dilihat dari beberapa pertandingan "tiki-taka" dapat dikalahkan oleh strategi super power. begitu juga strtategi politik tiki taka dalam pilkada padang hari ini, bisa saja strtagi tersebut dikalah dengan faktor 'x' atau dihadang oleh kekuatan sosial lainnya. seperti tugas hakim garis, posisi kita hanya melihat, memandangi, mendengar dan memperhatikan secara seksama serta memberikan kode bagi hakim lapangan (KPU Kota Padang dan Panwaslu Kota Padang) untuk memutuskan apakah bola keluar lapangan atau pemainnya offside..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar