Kamis, 11 Juni 2015

ESADARAN BERORGANISASI DAN JIWA KE-BUNGHATTA-AN

KESADARAN BERORGANISASI DAN JIWA KE-BUNGHATTA-AN

Tadi malam telah dibuka pelaksanaan Latihan Kader I (LK I) / Basic Training Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat PBTI, Hukum PIK, Eknomoni Sipil selingkup Universitas Bung Hatta. Latihan Kader ini diselenggarakan dari tanggal 13 s/d 19 april 2015 bertempat di Wisma HMI/KAHMI Sumatera Barat, Jln. Hang Tuah No. 158, Kota Padang.

HMI Komisariat se-Lingkup UBH mengangkat Tema LK I HMI “Terbinanya Mahasiswa Islam yang Memiliki Kesadaran Dalam Berorganisasi Serta Mempunyai Jiwa KeBUNGHATTAan dan Mampu Mengaktualisasikan dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Panitia dan Pengurus Komisariat HMI mengharapkan kepada para peserta dapat membangun kesadaran berorganisasi sebagai kaum intelektual. Mahasiswa dan organisasi adalah bahagian dari perubahan bangsa serta menjadi proses pembelajaran dalam kisah perjalanan Indonesia.

Bung Hatta, sebagai Bapak proklamator bersama-sama Bung Karno, merupakan contoh ideal seorang mahasiswa yang kritis dan analitis, objektif, sopan, santun, disiplin, pejuang tanpa lelah serta penyabar juga setia. Banyak nilai-nilai kehidupan dari Bung Hatta yang harus diaktualisasikan oleh mahasiswa dalam kehidupannya sehari-hari.

Oleh karena itu, LK I HMI Komisariat se-Lingkup UBH berjuang bersama-sama Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Padang juga Pengurus HMI Cabang padang, mencapai tujuan pelatihan yaitu Afektif, Kognitif dan Psikomotorik yang meningkat setiap harinya dari para peserta.

Perkaderan juga merupakan jantung organisasi, karna itu termuat dalam Pasal 8 AD HMI bahwa organisasi Hmi berfungsi sebagai organisasi kader. Perkaderan merupakan usaha organisasi yang dilakukan secara sadar dan sistematis, selaras dalam pedoman perkaderan, sehingga memungkinkan seseorang anggota HMI mengaktualisasikan potensi dirinya menjadi seorang muslim, intelektual dan profesional yang memiliki 5 kualitas insan cita.

Lalu, Pedoman Perkaderan HMI juga menjelaskan bahwa tujuan LK I HMI adalah terbibanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, sadar akan peran dan funginya dalam berorganisasi, serta hak dan keajibannya sebagai kader ummat dan bangsa.

Sedangkan, Target LK I HMI terbagi dari memiliki kesadaran menjalankan ajaran islam, mampu meningkatkan prestasi akademis, memiliki kesadaran akan tanggung jawab keummatan dan kebangsaan, serta memiliki kesadaran berorganisasi.

Panitia LK I HMI Komisariat se-Lingkup UBH mengatakan bahwa yang mengikuti LK I HMI berjumlah 49 orang, berasal dari pelbagai kampus di Kota Padang. Semoga 49 peserta LK I dapat menjadi penyampai pesan menyebarkan nilai-nilai kebunghattan keseluruh khalangan masyarakat demi terciptanya tatanan masyarakat yang damai, sejahtera dan memiliki semangat belajar sepanjang hidup.


Pembukaan LK I HMI Komisariat selingkup UBH dihadiri oleh Pengurus HMI Cabang Padang, BPL HMI Cabang Padang, Alumni HMI, dan Ketua Bidang PA Badko HMI Sumatera Barat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar