Selasa, 31 Oktober 2017

Keberlanjutan Menuju Kepemimpinan Muda

Pemeirntahan Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan bagi Pemuda se-Kabupaten Pasaman di Wisma Murni Lubuksikaping, Selasa-Rabu, 31 Oktober - 01 November 2017.

Pelatihan Kepemimpinan Dasar Pemuda diikuti oleh seluruh Organisai Kemahasiswaan dan Pemuda, Organisasi Siwa Inter Sekolah, Utusan Pemuda Tingkat Nagari dan Kecamatan se-Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman membuka acara. Tanda proses belajar mengakar untuk melatih pemuda dimulai. Narasumber yang hadir diantaranya Muhammad Saleh Lubis, Enceria Damanik dan Habibullah dan lain-lain. 

Salah satu peserta Pendidikan Kepemimpinan Dasar Pemuda adalah Meriana Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lubusikaping. Mariana mengatakan bahwa mahasiswa Pasaman harus siap bersaing dengan mahasiswa dari daerah lain. "Mahasiswa adalah mahasiswa dimanapun dia berada" kata Mariana.

Mahasiswa di kampus daerah jangan minder. Mariana mengingatkan bahwa budaya mahasiswa ada tiga, membaca-menulis-diskusi. "Budaya mahasiswa adalag kunci" kata mahasiswi pertama yang menjadi Ketum Cabang di HMI Cabang Lubuksikaping ini.

Mariana menceritakan bagaimana dirinya bisa berbicara di forum nasional. Dalam berbagai forum, dia mengatakan bahwa mahasiswa pasaman juga bisa berbicara aktif. "Kami bisa anda juga bisa" ujar dia.

Pengalaman Mariana dalam Perkaderan HMI mengingatkan bahwa dalam proses pembelajaran atau pelatihan harus ada tindak lanjut dan keberlanjutan. Pemuda-Pemudi yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar seharusnya memiliki forum dan aktifitas paska pelatihan. Misalnya ada forum diskusi bulanan yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah.

"Kami mengusulkan keberlanjutan dan tindak lanjut" kata dia.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar